Wednesday 10 September 2014

Cara Alami Mengobati Hipertensi ( Darah Tinggi )



Hiprtensi atau bisa juga disebut penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi arteri adalah suatu kondisi medis dimana tekanan darah didalam arteri yang meningkat. Peningkatan ini terjadi, karena jantung harus bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Seperti yang dikutip Obat Kesehatan dari situs Wikipedia, tekanan darah melibatkan  dua sistem pengukuran, yaitu sistolik dan diastolik, tergantung otot jantung berkontraksi ( Sistolik ) atau berelaksi diantara denyut jantung ( diastolik ). Tekanan darah pada saat melakukan istirahat pada kisaran sistolik yaitu 100 - 140 mmHg, dan Diastolik 60 - 90 mmHg. Tekanan darah tinggi akan terjadi bila terus menerus berada pada tekanan 90/140 mmHg atau lebih dari itu. Jika kita pergi kedokter atau puskesmas untuk memeriksa tekanan darah kita, dan kita mendapatkan hasil pengukurannya seperti 130/90 mmHg, artinya sistolik anda 130 dan diastolik anda 90. Lantas apa penyebab terjadinya penyakit hipertensi? sebagian besar ( 90% ) enyakit hipertensi tidaklah diketahui,umumnya berkaitan dengan genetik, jenis kelamin maupun gaya hidup tiap individu, faktor gizi pun akan mempengaruhi terjangkitnya penyakit hipertensi.
Organ lain yang sering menjadi target kerusakan akibat hipertensi adalah :
  1. Otak, dengan terlalu banyaknya tekanan darah kita, maka akan menyebabkan penyakit stroke. Hal ini terjadi karena terlalu banyaknya tekanan darah pada otak, sehingga otak kita tersumbat.
  2. Mata, akan menyebabkan retidopati hipertensi dan dapat menyebabkan kebutaan.
  3. Jantung, dapat menyebabkan penyakit jantung koroner ( Termasuk infark Jantung ) dan lain - lain.
Bahkan peningkatan tekan darah di arteri berdampak juga pada kehidupan kita, mungkin harapan hidup kita lebih pendek, tetapi anda jangan berkecil hati dulu karena kita tidak tahu mengenai umur kita, hanyalah Allah yang tahu, maka tetaplah berdo'a kepadanya dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengobati, karena segala sesuatu atau penyakit tentu pasti ada obatnya. Perubahan pola makan dan perubahan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi resiko terkait komplikasi kesehatan.

GEJALA PENYAKIT HIPERTENSI

Rata - rata kebanyakan orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda - tanda atau gejala, bahkan setelah di tensi bisa jadi tekanan darahnya mencapai level tinggi yang berbahaya. Meski begitu banyak orang yang mengalami darah tinggi awalnya mengalami sakit kepala, pusing atau mimisan. Oleh karena itu, anda harus melakukan pemeriksaan secara berkala atau rutin. Untuk usia 18 tahun atau lebih, pemeriksaan dilakukan setiap dua tahun sekali. Anak usia Tiga tahun atau lebih biasanya diperiksa tekanan darahnya sebagai ceck up tahunan.



CARA MENURUNKAN HIPERTENSI


Untuk menurunkan penyakit hipertensi atau tekan darah tinggi, hal yang perlu dan harus kita lakukan adalah merubah pola hidupagar lebih sehat dan ada penurunan tekanan darah tinggi yang kita alami dengan cara sebagai berikut :
  1. Makan makanan yang sehat, dengan makanan yang sehat kita akan terhidar dari berbagai penyakit terutama darah tinggi yan kita alami akan menurun, usahakan makan dengan secara teratur.
  2. Tingkatkan aktivitas fisik, dengan meningkatkan aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur, dapat menyehatkan badan kita dan juga akan menurunkan tekanan darah tinggi yang kita alami.
  3. Jika anda suka minum minuman beralkohol, maka hentikanlah kebiasaan anda tersebut! karena jika kita suka minum minuman beralkohol akan merusak tubuh kita dan hipertensi yang kita alami akan semakin parah.
  4. Tidak meroko, hentikanlah kebiasaan meroko anda. Jika anda sering meroko akan akan menambah parah penyakit hipertensi yang anda alami, bukan hanya menambah parah penyakit hipertensi yang anda alami, tetapi dapat juga merusak sistem pernapasan dalam tubuh anda.
  5. Mengelola steres, maksud mengelola stres disini adalah jika anda stres, maka banyaklah beristirahat dan tenangkanlah jiwa serta pikiran anda.
  6. Memonitor tekanan darah anda di rumah, yaitu dengan rutin melakukan pengecekan terhadap perkembangan tekanan darah tinggi anda, apakah menurun atau malah semakin naik dalam artian semakin parah?
    Dengan merubah gaya hidup anda sehari - hari dapat mengontrol tekanan darah tinggi yang anda alami. Tetapi terkadang tidak cukup dengan perubahan gaya hidup, mungkin anda perlu pengobatan alami untuk mengobati tekanan darah tinggi ( Hipertensi ) yang anda alami. Seperti telah saya share sebelumnya tentang Manfaat dari Tumbuhan Seledri, dimana seledri juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang anda alami. Sebenarnya banyak sekali obat untuk mengobati hipertensi baik yang alami maupun obat dari dokter atau jamu. Ada sedikit tips dari saya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sebagai berikut :


    1. Cari daun Alpukat yang muda ( Pucuk daun Alpukat ) beberapa lembar.
    2. Siapkan air secukupnya untuk merebus daun alpukat tersebut.
    3. Setelah direbus, minumlah air hasil rebusan daun alpukat tersebut.
    4. Lakukanlah secara rutin dan usahakan selalu mengecek tekanan darah anda agar tidak terlalu turun. Karena, jika terlalu banyak minum air hasil rebusan tersebut akan terlalu menurunkan tekanan darah anda.
    Jika anda ingin tahu lebih jeelas mengenai penyakit Hipertensi alami silahkan baca cara mengobati hipertensi secara alami. Jika anda puas dengan artikel ini saya ucapkan terimakasih, semoga bermanfaat untuk anda semuanya. Dan jika ada kritik atau saran, slahkan kunjungi halaman Contact Us di blog ini. Ingin dapat arikel terbaru tentang kesehatan dari blog ini silahkan berlangganan melalui Email di sisi sebelah kiri tampilan blog ini.

    0 comments:

    Post a Comment